1 October 2015

Apa itu libido

Menurut dr. Ferryal Loetan, libido adalah keinginan atau nafsu seksual dariseseorang. Libido akan timbul atau menghilang tergantung dari kerja hormon dalamtubuh kita. Jadi, kalau hormon meningkat maka libido kita juga akan meningkat, begitu juga sebaliknya. Ada beberapa mitos tentang libido yang perlu Anda tahu sebelum jadual bercinta Anda terganggu.



1. Libido wanita lebih sedikit daripada lelaki. Jadi, jangan heran kalau urusan
bercinta, lelaki jauh lebih bersemangat.


Fakta:
“Tidak juga. Libido pada wanita tidak selalu lebih rendah daripada lelaki.Keadaan ini banyak dipengaruhi oleh lingkungan tempat dia dibesarkan dan edukasi, lifestyle, dan sikap,” jelas Prof. FX Arif Adimoelja, MD, PhD, FSS (Be), SpAnd. Hanya, wanita tak memperlihatkannya. Wanita tetap harus di pancing untuk membangkitkan ghairahnya.   “Tak perlu diraba-raba atau dicium, cukup berikan perhatian lebih, pasti cepat menyerah.”


2. Masalah hormon adalah penyebab menurunnya ghairah bercinta wanita, juga saat hamil atau pasca melahirkan.

Fakta:
Belum tentu. Masalah kesihatan juga berperan. Kalau sedang tidak selesa badan pun,hasrat tetap ada, pasti tidak sebesar saat tubuh yang sedang cergas. Apalagi pada wanita.


Contohnya, saat sedang hamil. “Kehamilan memang menyebabkan perubahan cara kerja hormon seks (seperti keseimbangan kadar hormon estrogen, progesteron, dan prolaktin) yang bervariasi di setiap usia kehamilan,” papar dr. Arif. Tapi, bukan itu saja, libido wanita juga amat bergantung pada masalah psikologi. Menyebabkan wanita menjadi tidak yakin dengan tubuhnya atau takut menyakiti bayinya, Padahal, Anda tetap boleh melakukan seks seperti biasa. Ya, mungkin anda perlu berhati-hati dengan posisi tertentu.


3. Ketika hubungan seks di laku , Anda mungkin jarang sekali mencapai orgasme. Anda yakin, libido anda yang bermasalah.?
Fakta: Bentuk tubuh wanita berbeza dengan lelaki. Alat kelamin wanita lebih banyakyang di dalam. Sebab itulah, untuk mencapai rangsangan, pasti memerlukan waktu. Jadi, perlukan pengertian dari pasangan bahwa untuk mencapai orgasme usaha berdua sangat di perlukan. Pasangan harus memahami apa keinginan Anda, hingga akhirnya mencapai puncak bersama.



4. Wanita yang belum pernah melakukan seks, libidonya pasti sedikit, atau bahkan tidak ada?
Fakta: Ini hanya persepsi! Manusia, di usia muda, 17-21 tahun, pengeluaran hormonnya meningkat dan mulai bekerja dengan aktif. Tak mengherankan, di usia ini mereka mudah sekali terangsang. Jadi, pernah bercinta atau tidak, mereka pasti memiliki libido. “Masalahnya, lelaki mudah terlihat kalau sedang terangsang, sedangkan wanita, biasanya akan memendamnya dengan cara berolahraga, bekerja keras, atau bahkan tidur,” jelas dr. Ferryal.


5. Sekiranya usia Anda akan menjangkau  40 tahun. Mungkin anda sudah terbayang apa akan terjadi pada jadual bercinta Anda dengan pasangan. Sudah pasti dingin, kerana libido Anda akan menurun?


Fakta: Jangan khuatir, usia 40an tidak bererti Anda akan kehilangan ghairah bercinta.Menurut dr. Arif, libido wanita pada umumnya tak terlalu tergantung pada usia.Hubungan pasangan memainkan  peranan yang sangat penting. Kerana, seks tidak harus selalu disamakan dengan bercinta, tapi juga keinginan untuk disentuh, disayang, dan dimanja. Hal-hal seperti itu akan meningkatkan  libido Anda dan pasangan tetaptinggi.

6. Supaya libido tetap tinggi, anda harus  menahan keinginan seks dan ketika saatnya, Anda akan sangat menikmatinya?


Fakta: Salah. Justru makin kerap sebenarnya akan makin baik. Jika tak ingin melupakan rasa hasrat bercinta, Anda harus mulai berhubungan seks secara rutin. Untuk meningkatkan libido wanita, anda perlu melakukannya terus-menerus. Paling tidak dua kali seminggu.


Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Copyright © NurFarizan.Com